Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Sistem Informasi

Nama: Hutomo Dwiki Laksono
Kelas: 1 KA 25
NPM: 13115181

Assalamuallaikum Wr.Wb.

pada kali ini saya akan menjelaskan tentang hubungan ilmu sosial dasar berhubungan dengan sistem informasi. sebelum membahas materi kali ini, kita harus tau tentang ke dua materi tersebut. Yaitu apa yang dimaksud dengan ilmu social dasar dan apa pengertian dari sistem informasi.

·         Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar (ISD) adalah kelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempleajari manusia, termasuk metode kuantitatif dan kualitatif.
ISD tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.


Ilmu sosial dasar dalam mempelajari aspek masyarakat secara subjektif, intersubjektif dan objektif atau struktual, sebelum dianggap kurang ilmiah bila disbanding dengan ilmu alam. Namun sekarang , beberapa bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif demikian pula, pendekatan interdisiplin dan lintas disiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta factor sosial dan lingkungan yang mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa aspek dalam metodologi ilmu sosial.

Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu sosial dasar yang dipadukan, karena sosial dasar memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial diatas.

·         Sistem Informasi

Kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan menunjuk kepada interaksi antara orang, proses algorimatik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisai teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga unuk cara dimana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasidalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK.

Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem dimana manusia/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu/jasa bagi pelanggan. SI adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanupulasi dan menampilkan) infromasi.
Sistem informasi antar berhubungan dengan sistem data disatu sisi dan sistem aktivitas disisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai Bahasa semi formal yang memdukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

SI merupakan focus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.
·         Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Sistem Informasi
Dunia sistem informasi kita tidak akan terlepas dari yang namanya informasiitu sendiri serta interaksi dengan menadi latar interaksi dengan sesame manusia. Hal inilah yang menjadi latar belakang keterkaitan ilmu sosial dasar dengan sistem informasi. Dengan mempelajari ilmu sosial dasar kita akan dilatih untuk bisa menerima ataupun memberikan informasi dengan etika keidupan sosial, sehinga tidak ada rasa ketersinggungan antara sesama manusia.

Referensi:
Relevant29.blogspot.co.id/2014/09/hubungan-ilmu-sosial-dasar-dengan.html?m=1

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inovasi Ada Nya Virtual Class Dan Perpustakaan Online

Microsoft Operation Framework