Sejarah Animasi Dan Pengertian Desain Grafis


Sejarah Animasi Indonesia
Awalnya animasi di Indonesia  mulai diketahui sejak Cave Pinting  bercerita mengenai hewan-hewan buruan atau hal-hal yang mengandung unsur mistis. Pada tahun 1933 koran lokal di Indonesia banyak memuat iklan Walt Disney. Setelah itu pada tahun 1955, Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno yang sangat menghargai seni dan Dia mengirim seseorang bernama Dukut Hendronoto (Pak Ook) untuk mempelajari seni animasi di studio Walt Disney. Setelah belajar selama 3 bulan, ia kembali ke Indonesia dan membuat film animasi pertama yang berjudul “Si Doel Memilih”. Film pertama animasi Indonesia tentang kampanye pemilihan umum pertama di Indonesia itu menjadi awal dimulainya animasi modern di Indonesia.
Pada tahun 1963 Dukut Hendronoto (Pak Ook)  masuk ke salah satu stasiun TV di Indonesia dan ia milih Negara dan untuk mengembangkan animasi disalah satu program TV, namun kemudian program itu dilarang tayang. Di tahun tersebut stasiun TV tersebut merupakan stasiun TV yang ada di Indonesia. Tetapi stasiun TV ini sudah memulai menayangkan film-film yang dibuat oleh Walt Disney dan Hanna-Barbera, sekitar tahun 1970.
Pada tahun 70-an terdapat studio animasi yang terletak di Jakarta, studio itu bernama Anima Indah yang didirikan oleh seorang warga Amerika. Anima Indah ini termasuk salah satu studio animasi yang mempelopori animasi di Indonesia karena menyekolahkan pegawainya di luar negri. Anima berkembang dengan baik pada saat itu, namun sangat disayangkan animasi hanya berkembang di bidang periklanan.
Pada tahun 90-an sudah mulai banyak film animasi di Indonesia diantaranya seperti film Legenda Buriswara, Nariswandi Piliang, Satria Nusantara yang pada saat itu masih menggunakan kamera film seluloid 35 mm. Kemudian ada serial animasi yang berjudul “Hela,Heli,Helo” yang merupakan film animasi 3D pertama Indonesia yang di buat di Surabaya. Dan pada tahun 1998 mulai ada film-film animasi yang bertema cerita rakyat seperti Bawang Merah dan Bawang Putih, Timun Mas dan petualangan si Kancil, lalu pada era 90-an ini banyak terdapat animator indonesia yang bekerja untuk membuat animasi terkenal dari negara Jepang seperti Doraemon, Dragon Ball, dll.
Dari banyaknya studio animasi di Indonesia hanya Red Rocket Animation yang termasuk studio animasi paling produktif. Pada tahun 2000 Red Rocket memproduksi beberapa serial animasi TV. Pada masa ini serial animasi cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia karena sudah menggabungkan 2D animasi dengan 3D animasi. Lalu pada tahun 2003, serial 3D animasi merambah ke layar lebar.

Pengertian Desain Grafis Dan Animasi
Desain Grafis
            Desain grafis adalah seni yang berhubungan dengan pesan, info, ide,konsep dengan menggunakan bahasa visual. Desain grafis ini  sering dijumpai di iklan,film, dan broadcasting, desain grafis bisa di jadikan solusi untuk membantu memecahkan masalah pada klien.
            Desain grafis pertama kali pada tahun 1922 di sebuah esai yang berjudul New Kind Of Printing Calls for New Design yang di tulis oleh William Addison Dwiggins, beliau adalah seorang buku desainer amerika. Dan di terbitkan pada tahun 1972.
            Peralatan yang digunakan oleh seorang desain grafis:
1.      Komputer : hardware paling utama yang dibutuhkan seorang desain grafis karena jika tidak ada hardware ini bagaimana seorang desain grafis mengerjakan pekerjaan nya.
2.      Softawre   : kemudian software aplikasi juga sangan di peruntukan untuk membuka aplikasi apa yang akan kita gunakan untuk membuat desain grafis seperti apa juga yang kita ingin gunakan.
3.      Graphic Design Books: buku disain grafis ini biasanya untuk menyimpan atau mengatur karya-karya kamu seperti menjadi mini perpustakaan.
4.      Sketchpad : desain grafis tidak harus juga menggunakan komputer, kamu bisa menggunakan sketch untuk mengutarakan ide kamu, penting juga untuk bisa menyimpan sketsa kecil.
Animasi
            Animasi berunsur dalam motion graphic, animasi berasal dari bahasa latin, atau yang berarti hidup atau jiwa, dan animasi memiliki arti sendiri yaitu seni manipulasi yang seolah olah dari gambar bisa menjadi hidup.
            Proses pembuatannya si pembuat animasi atau yang dikenal dengan animator harus menggunakan logikanya untuk mengatur alur gambar nya dari awal sampai akhir untuk menjadi sebuah cerita atau gerakan, dan harus menarik untuk disaksikan.
Daftar Pustaka:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inovasi Ada Nya Virtual Class Dan Perpustakaan Online

Microsoft Operation Framework