Sistem Cerdas 3 Negara ASIA

 1. INDONESIA
Republik Indonesia (RI), biasa disebut Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi lebih dari 258 juta jiwa pada tahun 2016, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.
Ibu kota negara Indonesia ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.
 2. SINGAPURA
Singapura (nama resmi: Republik Singapura) adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.


3. JEPANG
Jepang (bahasaJepang: 日本 Nippon atau Nihon;namaresmi:  Nipponkoku atau Nihonkoku, nama harfiah: "Negara Jepang") adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.
Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang menjadikannya sebagai negara kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalahHokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia.

B. PERBANDINGAN SISTEM CERDAS DALAM BIDANG KESEHATAN

1.      INDONESIA

 ROBOTIC SURGERY INDONESIA




Sekarang ini beberapa rumah sakit di Indonesia telah menerapkan sistem robotic surgery yaitu robot yang digunakan untuk membantu dalam proses pembedahan. Kemajuan teknologi dalam dunia kesehatan membawa banyak manfaat yaitu banyaknya penyakit yang dapat disembuhkan, terutama penyakit yang harus disembuhkan melalui proses pembedahan.
Operasi terbuka sekarang ini mulai dikurangi dengan ditemukannya alat-alat seperti minimal invasive laparoscopic surgery yang dapat mengurangi resiko infeksi, kehilangan banyak darah, sistem penyembuhan yang lama pasca operasi dan lain-lain. Salah satu perkembangan dalam minimally invasive untuk mendapatkan banyak keuntungan dalam proses operasi yaitu dengan menggunakan teknologi robotic surgery.

Proses pembedahan tradisional atau tanpa menggunakan robotic surgery selalu dihubungkan dengan bekas luka yang besar, resiko operasi yang lebih tinggi dan waktu pemulihan yang lama. Paradigma tersebut secara perlahan telah berkurang dengan pengenalan dan kemajuan dari minimal invasive surgery (MIS) sehingga pasien hanya akan menderita luka sayatan kecil yang mana akan membantu proses penyembuhan dengan cepat. Contoh dari prosedur MIS seperti Laparoscopy, Arthroscopy, Endoscopy dan prosedur MIS lainnya.

Sayangnya salah satu kekurangan dari MIS yaitu seorang ahli bedah akan membutuhkan waktu lama untuk memiliki kemampuan yang tinggi dalam melaksanakan proses MIS, khususnya dalam masalah patologi atau ilmu penyakit yang terkadang sangat rumit. Selain itu medan atau area pembedahan tidak dapat diatur dengan sempurna dan sudut gerakan yang terbatas disebabkan oleh keterbatasan fungsi dari alat-alat yang pada umumnya hanya memiliki dua jenis gerakan saja. Keterbatasan tersebut sering mengakibatkan proses operasi kurang optimal.

Pembedahan dengan menggunakan sistem robot tidak dapat dilakukan tanpa keterlibatan ahli bedah. Robot tersebut tidak dapat bergerak dengan sendirinya dan harus dikendalikan penuh oleh ahli bedah. Dengan kontrol dan artikulasi dari tangan dan jari dokter, tangan robot dapat bergerak dengan bebas layaknya tangan dokter yang berada di dalam rongga bedah seperti rongga perut. Meskipun ada beberapa kekurangan dalam teknik MIS, namun di tangan ahli bedah yang menguasai teknik tersebut maka manfaat yang lebih baik bisa didapatkan sehingga mengurangi resiko operasi yang sering terjadi dalam teknik operasi tradisional.
 2.       SINGAPURA

Teknik laparoskopi atau pembedahan minimal invasif diperkirakan menjadi tren bedah masa depan. Sekitar 70-80 persen tindakan operasi di negara-negara maju akan menggunakan teknik ini. Teknik laparoskopi kini  banyak diminati karena banyak keuntungan yang diperoleh pasien. Selain luka minimal, waktu operasi pun singkat dan masa penyembuhan pun menjadi lebih cepat. 

                Laparoskopi sendiri merupakan teknik bedah tanpa harus membuka dada atau perut, melainkan dilakukan lewat dua atau tiga lubang berdiameter masing-masing dua hingga 10 milimeter. Satu lubang untuk memasukkan kamera mini (endokamera), yang memindahkan gambaran bagian dalam tubuh ke layar monitor, sedangkan dua lubang lain menjadi jalan masuk peralatan bedah.

 Karena lukanya minimal, pemulihan menjadi lebih cepat, mengurangi nyeri pascaoperasi, dan rawat inap jadi lebih singkat. Dari segi estetik juga menguntungkan, karena parut/bekas luka yang ditinggalkan sangat kecil, sehingga tidak mengganggu penampilan.

Teknik laparoskopi kini sudah banyak dilakukan untuk beragam kasus operasi di Singapura. Bahkan beberapa rumah sakit telah menetapkan teknik laparoskopi sebagai prosedur baku untuk beberapa jenis operasi. Teknik laparoskopi banyak paling banyak digunakan untuk pengangkatan batu dan kantung empedu, operasi usus buntu, dan pelepasan perlengketan.  Operasi itu juga digunakan untuk tumor usus, batu di saluran empedu, hernia.
 3. JEPANG


Sebuah tim yang terdiri dari dokter, ahli terapi dan teknisi bekerja untuk sebuah perusahaan gabungan Jerman-Jepang 'Cyberdyne Care Robotics GmbH' di Bochum. Usai periode ujicoba di Klinik Universitas Bergmannsheil, perusahaan itu siap merilis ke pasar Eropa kaki-kaki robot yang dapat membantu pasien cacat kaki untuk berjalan.
Untuk menyebarluaskan terapi robot di Eropa, NEDA, sebuah organisasi di bawah Kementerian Ekonomi Jepang memberi sokongan berupa 24 kaki-kaki robot bernilai 2,3 juta Euro. Alat bantu bergerak yang diberi nama 'Hybrid Assistive Limb' (HAL) itu dikembangkan oleh peneliti Jepang, Yoshiyuki Sankai.
Di negeri sakura, kaki-kaki robot semacam ini sudah tersedia di 160 klinik, pusat rehabilitasi dan panti jompo. Bagi para pasien di Eropa, desain ini masih harus disesuaikan. Sekelompok pakar yang dipimpin oleh Thomas Schildhauer sepakat menggelar uji coba selama beberapa bulan untuk menyelaraskan produk teknologi tinggi ini dengan ukuran badan orang Eropa

KESIMPULAN :

 Perbandingan ketiga Negara dalam bidang kesehatan tentu Negara-negara maju yang selangkah

lebih baik dan maju dari Negara berkembang seperti Indonesia. Namun, di Indonesia sudah memiliki teknologi yang sudah baik dalam bidang kesehatan dalam hal ini tentu Indonesia melalui kementrian kesehatan agar semakin memajukan teknologi agar semakin dekat kualitasnya seperi Negara-negara maju di dunia.
Refrensi:
http://ramadhanilham789.blogspot.co.id/2017/01/perbandingan-3-negara-asia-tentang.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inovasi Ada Nya Virtual Class Dan Perpustakaan Online

Microsoft Operation Framework