Definisi Dari Cobit


1. Definisi Cobit
COBIT, adalah sebuah kerangka kerja yang dibuat oleh ISACA untuk Information Technology (IT)management dan IT governance. COBIT adalah sebuah toolset pendukung yang memungkinkan manajer untuk menjembatani kesenjangan antara persyaratan kontrol, masalah teknis dan risiko bisnis.
Cobit terdiri dari beberapa komponen yaitu:
§  Framework: Mengatur tata kelola TI tujuan dan praktek yang baik oleh TI domain dan proses, dan menghubungkan mereka dengan kebutuhan bisnis. 
§  Process descriptions: Sebuah proses referensi model dan bahasa yang umum bagi semua orang dalam sebuah organisasi. Peta proses untuk wilayah tanggung jawab merencanakan, membangun, menjalankan dan memantau. 
§  Control objectives: Menyediakan satu set lengkap persyaratan tingkat tinggi untuk dipertimbangkan oleh manajemen untuk kontrol yang efektif dari setiap proses TI. 
§  Pedoman manajemen: Bantuan tanggung jawab menetapkan, menyepakati tujuan, mengukur kinerja, dan menggambarkan hubungan timbal balik dengan proses lainnya. 
§  Maturity models: Menilai kematangan dan kemampuan per proses dan membantu untuk mengatasi kesenjangan.

2. Siapa Saja Yang Menggunakan Cobit
COBIT 5 digunakan secara global oleh mereka yang memiliki tanggung jawab utama untuk proses bisnis dan teknologi, tergantung pada teknologi informasi yang relevan dan dapat diandalkan, dan memberikan kualitas, kehandalan dan kontrol informasi dan teknologi yang terkait.
COBIT kunci pengguna 5 termasuk eksekutif perusahaan dan konsultan di bidang-bidang berikut:
ü  Audit dan Jaminan
ü  Pemenuhan
ü  Operasi IT
ü  Governance
ü  Keamanan dan Manajemen Risiko

3. Skala Maturity Framework Dari Cobit
Maturity model adalah metode untuk mengukur dimana level pengembangan manajemen proses, yang berarti mengukur sejauh mana kapabilitas manajemen tersebut. Seberapa bagusnya pengembangan atau kapabilitas manajemen tergantung pada tercapainya tujuan-tujuan COBIT. Contoh dimana ada beberapa proses dan sistem kritikal yang membutuhkan manajemen keamanan yang lebih ketat dibanding proses dan sistem lain yang tidak begitu kritikal. Di sisi lain, derajat dan kepuasan pengendalian yang dibutuhkan untuk diaplikasikan pada suatu proses adalah didorong pada selera resiko Enterprise dan kebutuhan kepatuhan yang diterapkan.

Daftar Pustaka:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inovasi Ada Nya Virtual Class Dan Perpustakaan Online

Microsoft Operation Framework